Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Monday 10 May 2010

Berawal Dari SMS

Hari ini Jam 12 kurang 1/4 tante langgananku yang nggak sexy sudah nongol, mengantarkan sepiring nasi padang dengan lauk lele goreng dan sambel ijo. Posisi lele yg menggeliat di atas nasi benar2 menggoda nafsuku, mangkanya dengan spontan terucap doa yg sudah teramat hafal... Allahumma bariklana dst... duh Nasi, lele dan seperangkatnya, ikhlaskan sari pati gizimu untukku, sudah menjadi takdirmu untuk masuk ke perutku.

Baru sesuap dua, ada sms masuk. Dari adik sepupu (asli, bukan palsu). Berikut ini cuplikannya:
Dia: Kang, km g temene gayus tho?
* selera makanku turun satu strip*

Aku: Mungsuhe. Tenang wae nduk...
Dia: Ya udh, jd g sia2 gajiku d potong.
Aku: Hahaha... Yg dikorupsi gayus itu uangnya cukong yg bermasalah kok. Gajimu sing dipotong mlebune ning rekening negara. Nggo mbayari BLT n subsidi cah sekolah, dll
*keluarlah ilmu keminterku yg sdh agak terkenal itu*
Dia: Yo udh, jd tentrem. moga2 aj cukong2 gak + nekan ak + tmn2 yg jd buruh
Aku: Amin...

Waduh... adikku yg udah pernah makan sekolahan aja gak tahu informasi tentang pajak, bagaimana dg bulik2ku di kampung sono yg hobby nonton sinetron, yg pastinya udah dicekokin sama mas2 dan mbak2 penyiar TV yg nggantheng n ayu2 itu, yg sayangnya berat sebelah. Seperti bapak2 tua yg naik sepeda memboncengkan istrinya yg super gendut di jalan yg gak rata, akhirnya kesulitan mau jalan lurus atawa nyemplung ke got.

Hwarakadah... piye to iki?
ngene lho nduk, ambil dingklik, tak critani.
Gayus itu hanya bisa mengkorupsi duitnya orang-orang yang bermasalah, yg mbayar pajaknya suka ngapusi. Harusnya utang 100 ngakunya cuma 5, kayak kamu dulu jaman SMA makan di warung MAROJI (mangan loro ngakune siji). Kalo ketahuan baru ngajakin kasak kusuk, indehoi. Kalo gak ketahuan ya asoy geboy...

Dulu jamannya Pajak blm modern, gayus, ga'yes, ga' no itu banyak sekali, ombyokan. Setelah modern, gajinya diperbaiki, gayus itu tinggal dikit, itungannya jimpitan, dan makin lama makin dijimpit lalu kemudian habis. lak yo elok tenan to modern itu?
Nah... gara2 sudah modern, gayus gak bisa seenaknya main2 di DJP, pengawasan internya (KITSDA) sudah mirip sama Provost /PM, makanya dia cari cara "main"nya di luar. (ini main korupsi lho, bukan main yg lain). Menurut informasi yg tidak layak dipercaya, gayus itu temennya ... yg punya ternak2 cukong besar2 yg bermasalah, yg hobynya ngemplang pajak. Karna di DJP susah main, dia mengaturnya lewat pengadilan pajak. kasus yg dia tangani ditolak semua biar bisa banding di pengadilan.

Nah... setelah ditolak inilah dia bermain cantik... seperti penjahit, dia tambal dulu bolong2nya biar pas diproses di pengadilan bajunya kelihatan bagus dan bisa menang di pengadilan. (lho ini pengadilan pajak apa pasar nJohar?). Njahit baju yg bolong2 itu kan ada biayanya to? Semilyar demi semilyar dikumpulin gayus yg rajib menabung akhirnya menjadi gunung (gunungmu njeblos)

Ini menurut kacamataku lho (yg kanan minus 2, yg kiri 1 3/4). Jelek2 gini aku sebenernya pernah satu guru satu ilmu sama si gayus, jadi buku2 setebel bantalmu yg apek itu yg gayus pernah baca, aku juga pernah baca. ngorek2 juga malah.

Jadi, menurut penerawanganku, gayus ini bisa banget untuk bermain sendiri (eh, sama cukongnya ding). Atau bisa juga bersama dg koleganya di pajak dan di pengadilan, semuanya mungkin. Yang pasti, untuk korupsi pajak (lbh tepatnya kolusi) harus ada minimal 2 pihak. kalo kata orang sunda "it takes two to tango", kalo kata orang Pati "kalo mau Tayub-an yo enake ono ledhek-e".

"terus gerakan boikot pajak iku piye, Kang?"
Walah... ya nggak papa dong, soale yg mBoikot pajak itu orang2 yg ndak punya NPWP, ndak punya kewajiban mbayar pajak. Soale kalo udah punya NPWP berani gak bayar pajak, nanti sesuai undang2 (yg ditetapkan oleh DPR, yg wakil rakyat itu, yg kadang2 malah menghujat pajak sendiri itu) akan dikenakan denda atawa sanksi. Lak yo malah tambah rugi to?

"Lha kalo seEndonesa gak mau mbayar pajak?"
Walah... yo malah tambah nggak papa. Nanti negara ini kita bubarin saja, terus kita boyongan rame2 pindah ke Timbuktu, Afrika Sono (Kata Mbah Mbelgedez).
"Lho kok dibubarin?"
Lha misalnya kamu biasa dikasih uang gaji bojomu 2 juta tiap bulan, tiba2 cuman dikasih 10 ribu buat sebulan Gmn?
"wah yo bisa ngguling kendilku, panci, dandang yo ngguling kabeh"
Nah, negara juga bangkrut, wong 70% lebih penerimaan dr pajak, sisane dari BUMN dan utang luar negeri.

"Yo wis nek ngono Remunerasi mambu trasi orang pajak dihapus wae, disamakan dengan PNS lainnya aja"
Bagus kowe nduk, pinter tenan... cerdas kowe, pantes nek dadi kesayangane profesor ndas buthak.
Tapi...... *bentar, ambil minum dulu - cegluk, weh segere...*
Kalo remunerasi mambu trasi td dihapus, dus orang pajak dan depkeu lainnya bergaji sama dg PNS lain yang gak berhadapan langsung dengan iming2 dari cukong2 yang duitnya sak hohah, gmn?
Orang-orang pajak akan tambah ngiler karena jauhnya kesenjangan ekonomi dia dg wajib pajak yg dilayaninya? yg selalu mengiming2i uang biar pajaknya dikecilin. Bukannya tambah ngiler?
Saya yakin kalo remunerasi mambu trasi dihilangkan, Insya Allah akan timbul gayus gayus yang jumlahnya ombyokan, mati satu tumbuh seribu. Lak yo kita gak mau kayak gitu to? kembali ke masa jahiliyah?

"we ladhalah... kayak gitu to Kang?"
Lha iyo.
"terus piye iki kang?"
wis meneng wae, tetep kerjo seperti biasane. Sing macul yo macul, sing dodolan yo tetep dodolan, sing siaran yo biar siaran, wong dia digaji untuk itu. Biar Sang waktu yg nentuin keputusannya. Ojo nggege mongso. Yang jadi kewajibanmu tetep dijalani saja. Udah dipotong pajak kan gajimu?

"wis, tapi belum lapor"
Nah... Lho... hari ini terakhir laporan lho, biar gak kena denda. Wis, ndang laporan sono. Ke Mall juga bisa, malah bisa sambil cuci mata sambil thawaf keliling mall.

"Walah... takon sampeyan iki malah koyo Kuthuk marani sunduk. Yo wis.... da da Lam lekom"
Yo.. Kum Salam

*Para sedulur, sudahkah Anda ke Mall ?"

notes : sumber asli dokumen ini berasal dari grup FB Bantu Kami untuk Institusi Pajak yang Bersih pada discussion board dengan topik Berawal dari SMS. Thanks mas Eddy Triono untuk artikel yang mencerahkan ini ^_^

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment